My First Liqo

Posted: March 19, 2013 in Uncategorized
Tags: ,

IMG-20130319-01901

 

Tanggal 17 Maret 2013 tepat di hari ahad kemarin, untuk pertama kalianya saya mengikuti Liqo.. Apa itu Liqo ? berikut sekelumit pemaparan tentang Liqo yang saya ambil dari beberapa sumber :

Mentoring/liqo’ adalah sebuah metode dakwah yg pernah diterapkan oleh Rasulullah SAW brsama para sahabatnya. Yaitu dg cara membentuk suatu kelompok lingkaran beranggotakan 5-10 org, yg dipimpin oleh seorang murobi(Ustadz) yg akan memberikan pengajian kpd anggota mentoring.  Metode mentoring ini adalah sebuah metode yg sangat efektif utk membentuk generasi qur’ani di kalangan umat Islam. Ada juga yang menyebutnya sebagai halaqah

Istilah halaqah ini sangat umum di timur tengah dan biasa dilakukan di banyak masjid. Materinya bisa berkaitan dengan kitab tertentu seperti aqidah, fikih, hadits, sirah dan seterusnya. Contoh yang paling mudah bisa kita dapati di dua masjid Al-Haram, Mekkah dan Madinah. Setiap hari selalu dipenuhi dengan halaqah yang diisi oleh para masyaikh / ustadz yang merupakan pakar di bidangnya.

Biasanya di setiap universitas di Indonesia dalam mata kuliah PAI akan rutin mengadakan liqo namun di kampus saya tidak ada karena kuliah saya termasuk kedalam kelas karyawan..

Tahun ini menginjak tahun kedua saya berhijab. Dengan berhijab semangat untuk merubah diri ke arah yang lebih baik pun terus menggebu. Ini semua dilakukan dalam upaya memantaskan diri menjadi muslimah yang lebih berkualitas. Tak hanya dalam segi iman namun juga segi keilmuan yang lain diasah dalam liqo ini. At least, itu yang saya dapat ketika liqo pertama saya jalani.

Kelompok kami harusnya berjumlah 11 orang namun saat itu yang datang hanya 7 orang. Liqo pada kelompok saya sudah berjalan hampir 2 bulan namun saya baru bisa mengikuti sejak kemarin karena kesibukan bimbingan skripsi. Kelompok liqo saya tidak hanya terdiri dari mahasiswi saja tapi dari berbagai kalangan, Ada yang sudah menikah, ada yang sudah punya anak, beragam sekali. Mereka datang dari berbagai universitas ternama dari daerah saya, sebagian dari mereka juga merupakan jamaah dan ustadzah di majelis taklim tertentu. Terbayang bukan bagaimana bahagianya saya ada di tengah-tengah mereka ? berada di tengah para calon bidadari syurga🙂 Subhanallah….

 

Ada hal yang sangat sulit saya ungkapkan saat itu. Pada proses taaruf saya menceritakan sedikit tentang riwayat saya, tentang bagaimana saya untuk pertama kalinya mengikuti pertemuan semacam itu, tentang bagaimana Allah selalu membimbing saya ke jalan kebenaran ketika hati ingin mendekat padaNya. Semua tak bisa diucapkan lewat kata dengan jelas. Speechless. Semua tertuang lewat air mata.

Di liqo ini saya belajar kembali mengenai Al-Quran. Dan yang paling mengharukan adalah ketika teman-teman menyetor hafalan Quran mereka. Ada gerimis di hati ini… Saya yang sudah tertinggal begitu jauh😦 Saya dikelilingi oleh para calon hafidzah :’)

Allah Maha Besar

Allah Maha Baik.

Allah selalu menjamu hambaNya dengan manisnya iman yang Maha Hebat

Allah memfasilitasi segalanya dalam hidup saya, memfasilitasi setiap langkah saya menuju cahaya

Allah yang kasih sayangNya selalu terasa nyata

Allah yang cintaNya begitu hangat… begitu dekat…

Tak henti lidah ini berucap syukur karena Allah masih memberi saya kesempatan untuk bisa terus beramal, kesempatan memperbaiki diri, kesempatan berkarya, dan kesempatan untuk menjadi hebat

Inilah sebuah perjalanan hati mencari kebenaran !

Biiznillah….

 

Comments
  1. Semoga istiqomah dan terjaga semangatnya dalam mengikuti liqo, dan semoga menjadi hafidzul qur’an. aamin.

Leave a Reply

